Creative Divi Cam 316 - Mungil dan Multifungsi

Diposting oleh Mohammed Jevrie Minggu, 23 Agustus 2009
Creative yang lebih dikenal dengan produk-produk audio-nya, kini mencoba masuk di kelas video camcorder dengan DiVi Cam 316. Produk ini bisa dibilang sebagai perangkat mulifungsi karena selain dapat merekam foto dan video, perangkat ini juga dapat digunakan sebagai MP3 player, serta webcam.

Desain Creative DiVi Cam cenderung vertikal, ramping, dan sesuai dengan bentuk telapak tangan sehingga enak dipegang. Namun, bahan bodinya yang cukup licin membuat penggunanya harus lebih berhati-hati agar tidak menjatuhkannya. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menggunakan body strap-nya. Creative menerapkan sistem 'flying wing' untuk LCD-nya. Hal ini untuk memudahkan pengoperasian dan mendapatkan sudut pandang yang lebih luas.

Image

Posisi setiap tombol fungsi dirancang dengan baik dan mudah dijangkau. Pengoperasian tombol ini memang terasa mudah dan tidak memerlukan dua tangan. Menunya dibagi menjadi empat, yaitu still picture, movie recording, MP3 player, dan voice recording. Pengoperasiannya juga tidak susah karena sebagian besar diatur secara otomatis.

DiVi Cam 316 menggunakan sensor jenis CMOS yang berukuran 3,1 Megapixel. Resolusi foto yang dihasilkan adalah 2048x1536 pixel dalam format file JPEG dan dapat diinterpolasi hingga resolusi 2972x2232 pixel dalam format yang sama. Sedangkan untuk movie recording dan webcam, resolusi yang dihasilkannya adalah 320x240 pixel dan 640x480 pixel dalam format MPEG-4. Untuk menyimpan rekaman, baik foto atau video, DiVi Cam 316 menggunakan memori jenis SD card. Perangkat ini juga menyediakan memori internal sebesar 32 MB.

Saat pengujian, hasil yang didapat menunjukkan kontras warna dan ketajaman yang cukup baik. Selain itu, fungsi white balance-nya mampu bekerja dengan baik. Fungsi ini memiliki pilihan otomatis, sunny, tungsten, fluorescent, dan cloudy. Pada kondisi pencahayaan yang kurang, intensitas cahaya yang keluar dari lampu flash-nya cukup besar, meski tidak diberikan pengaturan besar-kecilnya. Pada mode movie recording, perubahan kecerahan dari gelap ke terang tidak dapat ditoleransikan dengan baik pada layar LCD dan sedikit lambat. Namun, hasil gambarnya menunjukkan hasil yang cukup baik.

Untuk audio, Creative memang cukup unggul. Tidak heran kalau suara yang dihasilkan perangkat ini memuaskan. Creative juga menyertakan earphone dalam paket penjualannya.

Herkuncoro@CHIP.co.idThis e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it

Image
Kesimpulan CHIP: Kinerja DiVi Cam 316 untuk foto dan video cukup memuaskan. Anda yang baru pertama kali menggunakan perangkat ini tidak perlu merisaukan pengoperasiannya. Hampir semua menu pengoperasiannya dapat dipahami dengan mudah dan cepat.
Sumber : CHIP

0 komentar

Posting Komentar

Custom Search

Chat Box


ShoutMix chat widget
free counters
Blogumulus by Roy Tanck and Amanda FazaniInstalled by CahayaBiru.com

Label Category

Google Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jevrie Activity